Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Olahraga Bola Voli

Pengertian olahraga bola voli

Pengertian olahraga bola voli

MENURUT penjelasan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI), pengertian bola voli adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang dipisahkan oleh net. Permainan bola voli dimainkan oleh dua tim atau regu secara berlawanan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu adalah enam orang yang berada di lapangan.

Apa pengertian dan sejarah bola voli?

Sejarah Bola Voli Permainan bola voli diciptakan oleh William G. Morgan pada 1895. Ia adalah seorang pembina pendidikan jasmani di Young Men Christian Association (YMCA), kota Holyake, Massachusetts, Amerika Serikat. Nama permainan ini semula disebut 'Minonette' yang hampir serupa dengan permainan badminton.

Jelaskan apa tujuan dari permainan bola voli?

Salah satu tujuan permainan bola voli yang utama ialah mengirim bola melewati net. Untuk mencetak skor, anda perlu mengirimkan bola melewati net baik menggunakan tangan ataupun menggunakan bagian tubuh lainnya ke arah kotak permainan lawan dan memastikan lawan tidak bisa mengembalikan bola tersebut.

Apa saja teknik dasar permainan bola voli?

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

  • Serving atau Service.
  • 2. Forearm Passing.
  • 3. Bumping atau Bump Passing.
  • 4. Overhand Passing.
  • Serangan (Attacking)
  • 6. Bertahan (Blocking)
  • 7. Digging.
  • 8. Volleying.

Pemain bola voli berjumlah berapa?

Jumlah pemain bola voli yang utama maksimal enam orang dan minimal empat orang. Bila kurang dari itu, wasit boleh menghentikan pertandingan. Secara umum, jumlah pemain bola voli berjumlah 10 orang. Ini terdiri dari pemain utama dan cadangan.

Berapa Ukuran berat bola voli?

Lalu, ukuran bola yang digunakan dalam permainan bola voli menurut regulasi resmi dari Federasi Bola Voli Internasional (FIVB), adalah memiliki lingkar 65-67 cm. Untuk berat bolanya sendiri mencapai 260 sampai 280 gram.

Berapa panjang lapangan bola voli?

Mengutip Ria Listina dalam buku Mengenal Olahraga Bola Voli, standar panjang dari lapangan bola voli adalah 18 meter, sementara lebarnya 9 meter. Jadi luasnya adalah 162 meter persegi.

Berapa lama waktu dalam permainan bola voli?

Berapa lama waktu permainan bola voli? Jawabanya tidak ada batasan. Hal ini tentu berbeda dengan permainan sepak bola yang dimainkan selama 2 x 45 menit. Waktu permainan bola voli diukur dari tim mana yang paling cepat mengumpulkan 25 angka (rally point).

Apa nama-nama pemain bola voli?

Berikut nama-nama posisi dan tugas pemain bola voli yang harus teman-teman pahami, yakni server, spiker/smasher, tosser, dan defender/liberio.

Sebutkan 6 posisi yang ada di bola voli dan apa tugasnya?

Nah selanjutnya adalah penjelasan lengkap tentang nama-nama posisi pemain bola voli beserta tugasnya dalam permainan.

  1. Posisi Server. Server adalah posisi pemain yang bertugas melakukan servis dalam lapangan.
  2. Posisi Spiker atau Smasher ( Penyerang ) ...
  3. Posisi Tosser atau Set-upper ( Pengumpan ) ...
  4. Posisi Defender atau Liberro.

Apa saja standar dari bola voli?

Dilansir dari laman OkeSport ukuran bola voli yaitu memiliki diameter 180-200 milimeter (mm). kemudian, keliling lingkaran bola voli harus berukuran 650-670 mm. Dari segi berat, ukuran bola voli adalah 260-280 gram. Terakhir, untuk tekanan bola voli, ukurannya adalah 294.3-318.82 mbar atau hPa.

Bola voli terbuat dari bahan apa?

Jika kita pelajari dari keterangan FIVB, pada umumnya, bola voli terbuat dari dua macam bahan, yaitu kulit dan karet. Bola voli tradisional mayoritas terbuat dari bahan kulit yang berkualitas pilihan. Maka tidak mengherankan kalau bola voli tradisional terkenal lembut dan awet.

Lantai Lapangan voli terbuat dari apa?

Permukaan lapangan voli dalam ruangan harus terbuat dari lantai kayu yang tahan banting atau tidak rusak saat disiram larutan uretan sintetis. Luas lapangan bola voli yang sudah ditetapkan oleh standar internasional FIVB (Federation International Volleyball) yaitu 162 meter persegi dengan spesifikasi sebagai berikut.

Berapa tinggi tiang net bola voli?

Tinggi Net Bola Voli Kemudian, ukuran net di lapangan voli memiliki panjang 9 meter dan lebar 1 meter dengan tinggi tiang adalah 2,55 m. Lalu jarak tiang net dengan garis samping lapangan voli antara 0,5 – 1 meter.

Berasal dari negara manakah bola voli?

Permainan bola voli berasal dari negara Amerika Serikat. Permainan bola voli pada awalnya bernama Mintonette. Permainan bola voli diciptakan oleh seseorang bernama William G. Morgan di Amerika Serikat pada 1985. Ia lahir di Lockport, New York, pada 1870.

Berapa babak dalam permainan bola voli?

Setiap pertandingan berlangsung 3 babak (best of three), kecuali pada 2 babak sudah dipastikan pemenangnya maka babak ke tiga tidak perlu dilaksanakan. Sistem hitungan yang digunakan adalah 25 rally point. Bila poin peserta seri (24-24) maka pertandingan akan ditambah 2 poin.

Apa tugas defender dalam permainan bola voli?

Libero adalah pemain bertahan yang bisa bebas keluar dan masuk tetapi tidak boleh men-smash bola ke seberang net. Defender adalah pemain yang bertahan untuk menerima serangan dari lawan. Permainan voli menuntut kemampuan otak yang prima, terutama tosser. Tosser harus dapat mengatur jalannya permainan.

Berapa ukuran keliling bola voli adalah?

Ukuran bola voli standar nasional dan internasional sendiri diketahui memiliki diameter 180-200 milimeter (mm). kemudian, keliling lingkaran bola voli harus berukuran 650-670 mm.

Lapangan bola voli warna apa?

Jadi area masing-masing tim seluas 9x9 meter. Lapangan bola voli memiliki permukaan yang berwarna terang. Warna kuning menjadi warna identik dari pertandingan resmi yang diselenggarakan FIVB.

Berapa luas ukuran bola voli?

Lapangan bola voli memiliki panjang 18 meter dengan lebar lapangan 9 meter. Lebar garis serang 3 meter. Daerah clearance, yakni daerah menghalau bola, yang bagian belakang berukuran 3-8 meter dan bagian samping 3-5 meter.

10 Pengertian olahraga bola voli Images

hot passion for volleyball tournament poster background material Games

hot passion for volleyball tournament poster background material Games

Gambar Pertandingan Sepak Bola Olahraga Istirahat Bola Karakter Kartun

Gambar Pertandingan Sepak Bola Olahraga Istirahat Bola Karakter Kartun

42 ide Psv  sepak bola pemain sepak bola olahraga

42 ide Psv sepak bola pemain sepak bola olahraga

Volleyball Wallpapers Backgrounds  Volleyball wallpaper Volleyball

Volleyball Wallpapers Backgrounds Volleyball wallpaper Volleyball

Free Volleyball Match Posters Background Images Volleyball Poster

Free Volleyball Match Posters Background Images Volleyball Poster

Free Womens Volleyball Silhouette Background Images Posters Womens

Free Womens Volleyball Silhouette Background Images Posters Womens

Pin oleh Reza Arief D di Koran Olahraga  Olahraga Tahu Arsenal

Pin oleh Reza Arief D di Koran Olahraga Olahraga Tahu Arsenal

Newspaper Design Layout Layout Design Page Layout Layouts Sports

Newspaper Design Layout Layout Design Page Layout Layouts Sports

Bandera De Ftbol Fondos  Football banner Soccer backgrounds

Bandera De Ftbol Fondos Football banner Soccer backgrounds

Post a Comment for "Pengertian Olahraga Bola Voli"