Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Protokol Dan Contohnya

Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer.

Apa saja protokol jaringan?

Jenis-Jenis Protokol Jaringan

  • TCP/IP. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, TCP/IP adalah standar protokol jaringan komunikasi data yang banyak digunakan oleh pengguna internet.
  • 2. Domain Name System (DNS) ...
  • 3. HTTPS. ...
  • 4. SSH (Secure Shell)

Apa saja fungsi dari protokol?

Fungsi Protokol Jaringan

  • Secara umum fungsi protokol adalah menghubungkan pengirim dan penerima dalam berkomunikasi serta dalam bertukar informasi agar dapat berjalan dengan baik dan akurat.
  • Fragmentasi adalah membagi informasi yang dikirim menjadi beberapa paket data.

Apa tujuan protokol dalam komunikasi data?

Fungsi protokol jaringan komputer secara umum adalah untuk menghubungkan pengirim dan penerima dalam berkomunikasi dan bertukar informasi supaya dapat berjalan dengan akurat dan lancar.

Apa perbedaan antara protokol dan Keprotokolan?

Protokol adalah halaman pertama yang dilekatkan pada sebuah manuskrip atau naskah. Protokoler adalah seluruh hal yang mengatur pelaksanaan suatu kegiatan baik dalam kedinasan/kantor maupun masyarakat.

Apa yang dimaksud dengan keprotokolan?

Keprotokolan adalah serangkaian kegiatan yang berkaitAn dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi Tata Tempat, Tata Upacara, dan Tata Penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan/atau kedudukannya dalam negara, pemerintahan, atau masyarakat.

Bagaimana cara kerja protokol jaringan?

Cara Kerja Protokol Protokol jaringan mengambil proses skala besar dan memecahnya menjadi tugas atau fungsi kecil, spesifik. Ini terjadi di setiap level jaringan, dan setiap fungsi harus bekerja sama di setiap level untuk menyelesaikan tugas yang lebih besar yang ada.

Dari beberapa jenis protokol manakah yang paling banyak dipakai?

TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini.

Apakah Ethernet termasuk protokol jaringan?

Protokol Jaringan diibaratkan sebagai bahasa komunikasi antar komputer dalam jaringan Contoh-contoh protokol yang paling populer digunakan adalah:  Ethernet  Local Talk  Token Ring  FDDI  ATM Protokol Jaringan Ethernet merupakan protokol yang paling banyak digunakan.

Apa itu Protokoler dan tugasnya?

Dalam pengertian luas protokoler adalah seluruh hal yang mengatur pelaksanaan suatu kegiatan baik dalam kedinasan/kantor maupun masyarakat. Secara estimologis istilah protokol dalam bahasa Inggris protocol, bahasa Perancis protocole, bahasa Latin protocoll(um), dan bahasa Yunani protocollon.

Apakah standar komunikasi data sama dengan protokol?

Standar komunikasi data dikenal sebagai serangkaian protokol atau aturan yang memberikan izin bagi antar perangkat untuk melakukan perpindahan data.

Apa fungsi dan tugas protokol brainly?

Jawaban: Secara umum fungsi protokol adalah sebagai penghubung dalam komunikasi data sehingga proses penukaran data bisa berjalan dengan baik dan benar.

Apa saja yang harus dimiliki dalam mengatur kegiatan protokol?

Dalam mengatur kegiatan keprotokolan harus memiliki: Tata cara, setiap kegiatan acara harus dilakukan secara tertib, khidmat serta setiap perbuatan atau tindakan yang dilakukan menurut aturan dan urutan yang telah dilakukan. Tata krama, yaitu etiket dalam pemberian penghormatan.

Berapa lapis protokol TCP IP?

ARSITEKTUR TCP/IP Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa protokol model OSI terdiri dari 7 (tujuh) lapisan yaitu physical, data link, network, transport, session, presentation dan application. Di lain pihak, protokol TCP/IP hanya terdiri dari 5 (lima) lapisan yaitu physical, data link, network, transport dan application.

Jenis protokol apa yang banyak dipakai untuk menangani jalur serial?

Protokol yang dipakai untuk menangani jalur serial antara lain SLIP(Serial Line Interface Protocol) dan PPP(Point to Poin Protocol).

Apa itu ruang lingkup protokol?

Telah jelas dalam UU No. 9 Tahun 2010 disebutkan bahwa ruang lingkup keprotokolan meliputi tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan. Tata tempat yang dimaksud adalah tata urutan atau lebih banyak dikenal sebagai Order of Presedence atau Preseance dalam Bahasa Perancis.

Apa singkatan dari TCP IP?

TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) jika diterjemahkan adalah protokol kendali Transmisi/Protokol Internet, adalah gabungan dari protokol TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol) sebagai sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data dalam proses tukar-

Apakah yang tidak termasuk dalam fungsi protokol?

Jawaban: B. Input/Output control. Dilansir dari Ensiklopedia, yang tidak termasuk dalam fungsi protokol input/output control.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan HTTP?

Hypertext Transfer Protocol atau disingkat HTTP adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk membantu proses pertukaran data dalam internet antar komputer satu dengan lainnya.

Apa perbedaan antara TCP dan UDP?

TCP memiliki kelebihan yaitu dapat memastikan keakuratan data yang sampai ke penerima. Sedangkan UDP memiliki keunggulan dalam hal kecepatan transfer data. Penerapan kedua protokol tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Post a Comment for "Pengertian Protokol Dan Contohnya"