Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konsep Dasar Tqm

Total Quality Management (TQM) merupakan suatu pendekatan yang berorientasi pada pelanggan dengan memperkenalkan perubahan manajemen secara sistematik dan perbaikan terus menerus terhadap proses, produk, dan pelayanan suatu organisasi.

Apa tiga dasar dasar TQM?

Menurut Tjiptono (2002:14) unsur TQM itu terdiri dari: (1) kepuasan pelanggan; (2) respek terhadap setiap orang; (3) manajemen berdasarkan fakta; dan (4) perbaikan berkesinambungan.

Bagaimana TQM menurut konsep manajemen operasional?

Pengertian Total Quality Management (TQM) – Total Management System atau disingkat dengan TQM adalah suatu sistem manajemen kualitas yang berfokus pada Pelanggan (Customer focused) dengan melibatkan semua level karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan (secara terus-menerus).

Apa yang dimaksud dengan TQM Jelaskan tujuan dan konsep dari TQM?

Total Quality Management atau TQM adalah proses yang berorientasi pada konsumen dan bertujuan untuk meningkatkan operasi bisnis secara berkelanjutan. Konsep tersebut memastikan semua departemen atau karyawan saling bekerjasama dalam peningkatan kualitas produk atau layanan.

Dari berbagai konsep TQM oleh pakar mutu apa yang dapat di simpulkan?

Berdasarkan berbagai definisi TQM diatas maka dapat disimpulkan bahwa TQM adalah konsep mutu yang luas untuk dapat mencapai tujuan dengan menggunakan strategi cara melakukan perubahan terus menerus sehingga menjadi budaya kerja dari tim yang solid, melibatkan seluruh komponen dan memberdayakan merekaagar dapat memenuhi

Sebutkan dan jelaskan 5 pilar TQM dan manakah yang paling di utamakan?

Lebih lanjut Bill Creech, 1996, menyatakan bahwa prinsip-prinsip dalam sistem TQM harus dibangun atas dasar 5 pilar sistem yaitu; Produk, Proses, Organisasi, Kepemimpinan, dan Komitmen. Produk adalah titik pusat untuk tujuan dan pencapaian organisasi. Mutu dalam produk tidak mungkin ada tanpa mutu di dalam proses.

Mengapa perusahaan perlu menggunakan konsep TQM?

Keuntungan Implementasi TQM TQM bertujuan untuk meningkatkan kualitas, dan mengidentifikasi ukuran kualitas terbaik sesuai harapan pelanggan dalam hal layanan, produk, dan pengalaman pelanggan. Hal ini tentu juga akan meningkatkan competitive advantage perusahaan di mata pelanggan dibandingkan dengan para kompetitor.

Unsur unsur apa saja yang ada dalam TQM?

Ada beberapa unsur-unsur utama TQM yang harus diketahui yaitu fokus pada pelanggan, Obsesi terhadap Kualitas, Pendekatan Ilmiah, Komitmen jangka panjang, kerja sama tim, Perbaikan sistem secara berkesinambungan, Pendidikan dan pelatihan, kebebasan yang terkendali, Kesatuan Tujuan, Adanya keterlibatan dan pemberdayaan

Apa saja yang termasuk TQM?

Terdapat 8 elemen pokok dalam sistem manajemen Total Quality Manajemen (TQM), berikut ini adalah ulasannya:

  • Fokus Pada Pelanggan.
  • Keterlibatan Karyawan Secara Keseluruhan. ...
  • Pemusatan Perhatian Pada Proses. ...
  • 4. Sistem yang Terintegrasi. ...
  • Pendekatan Strategi dan Sistematik. ...
  • 6. Peningkatan secara Kontinyu.

Apa saja karakteristik TQM?

Karakteristik Total Quality Management (TQM) menurut Tjiptono dan Diana (2014:4), yaitu: 1. Fokus pada pelanggan, baik pelanggan internal maupun eksternal; 2. Memiliki obsesi yang tinggi terhadap kualitas; 3. Penggunakan pendekatan ilmiah dalam pengambilan keputusan dan pemecahan masalah; 4. Memiliki komitmen jangka

Seperti apa konsep TQM dalam meningkatkan mutu pendidikan dan berdaya saing?

Paradigma Total Quality Management ( TQM ) merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus menerus atas produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungannya.

Faktor faktor apa saja yang menyebabkan kegagalan dalam TQM?

Menurut Yamit (2005:188), faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan TQM, yaitu: 1. Manajemen puncak tidak melihat suatu alasan untuk berubah. 2. Manajemen puncak tidak memperhatikan dan mengikutsertakan karyawan.

Sebutkan indikator apa yang perlu ada dalam menganalisis Total Quality Management TQM?

TQM, indikatornya yaitu fokus pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas, pendekatan ilmiah, komitmen jangka panjang, kerjasama tim, perbaikan sistem secara berkesinambungan, perbaikan dan pelatihan, kebebasan yang terkendali, kesatuan tujuan, serta adanya keterlibatan dalam pemberdayaan karyawan.

Bagaimana program TQM dapat meningkatkan keuntungan perusahaan?

TQM sangat membantu dalam memahami persaingan dan juga mengembangkan strategi yang efektif dalam menghadapi kompetisi. TQM membantu dalam memahami pelanggan serta pasar. Ini memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk memenuhi kompetisi dengan menggunakan teknik TQM.

Langkah Penerapan Total Quality Management?

Terdapat sejumlah langkah yang simple dan penting untuk mengimplementasikan TQM dalam institusi pendidikan, yaitu sebagai berikut:

  1. Kepemimpinan dan komitmen terhadap kualitas.
  2. Menyenangkan kustomer.
  3. Menunjuk fasilitator berkualitas.
  4. Membentuk kelompok pengarah yang berkualitas.
  5. Mengangkat koordinator yang berkualitas.

Bagaimana penerapan total quality management dalam pendidikan?

Konsep dalam TQM yang dapat diterpkan dalam pendidikan adalah: perbaikan mutu yang terus menerus; mencakup perubahan kultur/budaya; dan. konsep organisasi terbalik, yaitu menempatkan yang terpenting adalah peserta didik, kemudian guru/staf, yang paling bawah adalah manajer/pimpinan.

Mengapa penerapan TQM dianggap sebagai strategi yang penting untuk memenangkan persaingan?

Karena TQM mengedepankan pendekatan mengenai kualitas maka perusahaan akan terus melakukan perbaikan terhadap kualitas suatu produk. Dalam suatu perusahaan pun juga harus dilakukan pengendalian kualitas yang berfokus pada produk akhir yang dihasilkan harus standart sesuai dengan ketentuan.

Apa yang menjadi hambatan dalam melakukan perubahan implementasi TQM?

Hasil penelitian menunjukkan, bahwa kendala potensial dari implementasi TQM dapat disimpulkan menjadi lima faktor, yaitu faktor inkonsistensi, visi-misi, transformasi budaya, manajerial dan manajemen kualitas.

Apakah TQM bisa diterapkan di semua industri?

TQM dapat diterapkan untuk setiap perusahaan raksasa maupun perusahaan kecil, industri manufaktur atau jasa, dan organisasi publik atau swasta.

Apa yang menjadi penghambat penerapan TQM dalam suatu industri?

Dari 25 perusahaan yang disurvai, ditemukan beberapa faktor penghambat penerapan TQM, yaitu: 1) kurangnya komit- men manajemen puncak, 2) kurangnya penge- tahuan tentang konsep TQM, 3) kurangnya prioritas dalam penerapan TQM, 4) kurangnya dukungan/partisipasi middle manajemen, 5) budaya perusahaan yang tidak mendukung

Post a Comment for "Konsep Dasar Tqm"