Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dasar Hukum Tentang Bela Negara

Dasar hukum tentang bela negara

Dasar hukum tentang bela negara

Menurut UU No.3 Tahun 2002, bela negara adalah sebuah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.

UUD tentang bela negara ada di pasal berapa?

Pasal 27 ayat 3 UUD 1945 berbunyi, "Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara."

Pasal 27 ayat 3 tentang apa?

Pasal 27 Ayat 3 berbunyi, “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.” Makna yang terkandung dalam pasal ini adalah: bela negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara dan dilakukan sesuai dengan kemampuan dan profesi masing-masing.

Ada berapakah dasar hukum dan peraturan tentang Wajib bela negara?

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945) mengatur mengenai Upaya Bela Negara yaitu ketentuan Pasal 27 Ayat (3): “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara,” dan Pasal 30 Ayat (1): “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan

Apa isi pasal 30 ayat 1 dan 2?

Hak dan kewajiban tiap-tiap warga negara tersebut diatur dalam Pasal 30 ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, sedangkan ayat (2) menegaskan bahwa usaha pertahanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta, yaitu bahwa Tentara Nasional Indonesia merupakan

Apa isi pasal 31 ayat 1 dan 2?

1. Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan. 2. Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.

Apa isi pokok dari pasal 27 ayat 3 dan pasal 30 ayat 1?

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945) mengatur mengenai Upaya Bela Negara yaitu ketentuan Pasal 27 Ayat (3): “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara,” dan Pasal 30 Ayat (1): “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan

Pasal 28 ayat 1 tentang apa?

7. Pasal 28I ayat (1) “Hak untuk hidup, hak untuk tidak disiksa, hak kemerdekaan pikiran dan hati nurani, hak beragama, hak untuk tidak diperbudak, hak untuk diakui sebagai pribadi dihadapan hukum, dan hak untuk tidak dituntut atas dasar hukum yang berlaku surut adalah hak asasi manusia yang tidak dapat dikurangi dalam

Pasal 30 ayat 1 tentang apa?

Sedangkan dalam UUD 1945 Pasal 30 ayat 1, disebutkan bahwa: "tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara."

Pasal 27 ayat 2 tentang apa?

Makna dan arti pentingnya pekerjaan bagi setiap orang tercermin dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 27 ayat (2) menyatakan bahwa setiap Warga Negara Indonesia berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.

Apa yg dimaksud bela negara dan sebutkan 3 dasar hukum bela negara?

Menurut menurut UU No. 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, pengertian bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya

Apa isi Pasal 30 ayat 1 sampai 5?

Hal itu sudah diatur dalam Pasal 30 ayat 1 sampai 5 UUD 1945 yang bunyinya, Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

Apa isi pasal 30 ayat 4?

5. Pasal 30 ayat (4) berbunyi : “Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai alat negara yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bertugas melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, serta menegakkan hukum”.

Pasal 29 ayat 1 tentang apa?

(1) Setiap orang bebas memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya. (2) Negara menjamin kemerdekaan setiap orang memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu .

Pasal 31 ayat 3 tentang apa?

9. Pasal 31 ayat (3) yang berbunyi: “Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang- undang”.

Pasal 32 ayat 3 tentang apa?

Pasal 32 ayat (3) UU Advokat menyatakan bahwa untuk sementara tugas dan wewenang Organisasi Advokat dijalankan bersama-sama oleh Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN), Asosiasi Advokat Indonesia (AAI), Ikatan Penasihat Hukum Indonesia (IPHI), Himpunan Advokat dan Pengacara Indonesia (HAPI), Serikat Pengacara Indonesia (SPI

Pasal 32 ayat 2 tentang apa?

(1). Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya. (2). Negara menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional.

Pasal 28C ayat 2 tentang apa?

5. Pasal 28C Ayat (2) “Setiap orang berhak untuk memajukan dirinya dalam memperjuangkan haknya secara kolektif untuk membangun masyarakat, bangsa, dan negaranya”.

Apa isi pasal 28 D ayat 2?

Pasal 28D ayat (1) UUD Tahun 1945 : “Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama dihadapan hukum.” 2. Pasal 28D ayat (2) UUD Tahun 1945 : “Setiap orang berhak untuk bekerja serta mendapat imbalan dan perlakuan yang adil dan layak dalam hubungan

Apa isi pasal 28 G ayat 2?

(2) Setiap orang berhak untuk bebas dari penyiksaan dan perlakuan yang merendahkan derajat martabat manusia dan berhak memperoleh suaka politik dari negara lain.

15 Dasar hukum tentang bela negara Images

Gus Dur Pesan 7  Katakata Motivasi Katakata bijak

Gus Dur Pesan 7 Katakata Motivasi Katakata bijak

Tugu Negara Malaysia   Malaysia truly asia Negara Malaysia

Tugu Negara Malaysia Malaysia truly asia Negara Malaysia

Pin di Gambar Kata Petuah

Pin di Gambar Kata Petuah

Buya Hamka tentang keadilan Sufi Quotes Quran Quotes Love Muslim

Buya Hamka tentang keadilan Sufi Quotes Quran Quotes Love Muslim

Bela negara  Revolusi Dinding gambar Gambar

Bela negara Revolusi Dinding gambar Gambar

CIRICIRI NEGARA  BANGSA DALAM KESULTANAN MELAYU MELAKA Kerajaan

CIRICIRI NEGARA BANGSA DALAM KESULTANAN MELAYU MELAKA Kerajaan

Majelis Tausiyah Cinta on Instagram  Jangan kotori hati dengan

Majelis Tausiyah Cinta on Instagram Jangan kotori hati dengan

Bung Hatta pernah berpesan untuk Berani dalam mengambil tindakan dan

Bung Hatta pernah berpesan untuk Berani dalam mengambil tindakan dan

Mencuri menjarah dan korupsi samasama mengambil hak orang lain tanpa

Mencuri menjarah dan korupsi samasama mengambil hak orang lain tanpa

Pin di Bible Verse of the Day

Pin di Bible Verse of the Day

Surat badan hukum muhammadiyah  Kuningan Vereeniging Indonesia merdeka

Surat badan hukum muhammadiyah Kuningan Vereeniging Indonesia merdeka

Inilah Lima Senjata Hebat Milik Korps Kavaleri TNI AD  Tentara

Inilah Lima Senjata Hebat Milik Korps Kavaleri TNI AD Tentara

9 Bisnis Quotes Indonesia ideas in 2021  quotes indonesia quotes

9 Bisnis Quotes Indonesia ideas in 2021 quotes indonesia quotes

BELA NEGARA DENGAN KERJA NYATA  Pengetahuan Kerja

BELA NEGARA DENGAN KERJA NYATA Pengetahuan Kerja

Post a Comment for "Dasar Hukum Tentang Bela Negara"