Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Penggunaan Ac Dapat Menambah Permasalahan Lingkungan Global

Mengapa penggunaan ac dapat menambah permasalahan lingkungan global

Mengapa penggunaan ac dapat menambah permasalahan lingkungan global

Baik pencemaran sosial sebagai kebutuhan yang berubah menjadi gaya hidup maupun pencemaran udara akibat masih banyak dipakainya bahan CFC pada AC saat ini; dimana hasil rekayasa manusia ini dapat menimbulkan bahaya pemanasan global dan penipisan lapisan ozon.

Apakah ada efek dari pemakaian AC terhadap global warming?

Di sisi lain, penggunaan AC dapat meningkatkan kadar emisi atau gas buangan yang dilepas ke lapisan ozon dan secara tidak langsung berkontribusi terhadap pemanasan global.

Mengapa penggunaan AC dan kulkas berdampak pada pemanasan global?

AC dan lemari es mengandung bahan Chlorofluoro Carbons (CFCs). Keduanya masuk kategori alat pendingin yang bisa menimbulkan gas pemicu pemanasan global.

Mengapa penggunaan AC dapat merusak lingkungan padahal AC memberikan manfaat bagi manusia?

Penggunaan AC dapat memberikan efek negatif terhadap lingkungan, khususnya yang dapat diakibatkan oleh komponen utama pada AC itu sendiri yakni Freon. Freon merupakan nama dari bahan kimia klorofluorokarbon atau CFC. Freon dan refrigeran lain yang beracun dan dapat menyebabkan keracunan bahkan sampai kematian.

Bagaimana mekanisme kerja AC sehingga dapat mengakibatkan pemanasan global?

AC melepaskan gas CFC Karena bentuknya yang stabil, CFC yang dilepaskan AC dapat naik ke lapisan stratosfer bumi tempat di mana lapisan ozon berada. Dilansir dari American Chemical Society, ozon berfungi menyerap sebagian besar radiasi ultraviolet matahari dan mencegah radiasi berbahaya mencapai permukaan bumi.

Mengapa AC tidak ramah lingkungan?

AC yang tidak ramah lingkungan biasanya menggunakan CFC atau freon. Refrigeran tersebut memiliki peranan kenaikkan suhu udara pada bumi. Menghindari penggunaan AC dengan bahan refrigeran tersebut menjadi pertimbangan yang harus Anda lakukan.

Apakah AC mencemari lingkungan?

Jawaban. Penjelasan: CFC (Cloro Floro Carbon) adalah zat yg mencemari lingkungan yg terdapat di dalam pendingin AC, lemari es, spray. CFC bisa melubangi ozon sehingga sinar ultraviolet dapat masuk kebumi dan menyebabkan global warming.

Apakah AC mempengaruhi lapisan ozon?

Mobil ber-AC dengan CFC-12 / Freon-12 / R-12 sebagai pendinginnya maka secara otomatis ikut menyumbang terhadap menipisnya lapisan ozon. Sebenarnya CFC-12 / R-12 merupakan bahan yang diatur penggunaannya.

Apakah yang ditimbulkan dari penggunaan AC?

Kurangnya sirkulasi udara segar di dalam ruangan karena terus menerus menggunakan AC membuat potensi penularan sumber-sumber infeksi seperti kuman, bakteri, dan virus menjadi lebih tinggi. Apabila di dalam sebuah ruangan ada yang mengalami sakit, besar kemungkinan orang lain akan tertular.

Mengapa penggunaan AC dan lemari es dapat menyebabkan lapisan ozon menjadi semakin tipis?

Zat CFC terdapat pada pengharum ruangan, pendingin ruangan, dan kulkas. Bila dilepas ke atmosfer, zat yang mengandung klorin ini akan dipecah oleh sinar matahari yang menyebabkan klorin dapat bereaksi dan menghancurkan molekul-molekul ozon. Setiap satu molekul CFC mampu menghancurkan hingga 100.000 molekul ozon.

Jelaskan apa hubungannya penggunaan pendingin ruangan AC dan kulkas dengan pemanasan global?

CFC merupakan zat yang dapat menghasilkan efek pemanasan hingga ribuan kali dari karbon dioksida. Oleh karena itu, penggunaan AC dan kulkas yang menggunakan CFC dapat menyebabkan pemanasan global.

Bagaimana Dampak Penggunaan AC di gedung gedung perkantoran terhadap pemanasan global?

Hal tersebut dikarenakan didalam ac terdapat gas pendingin yang berbahan gas CFC. Gas CFC inilah penyebab dari pemanansan global dan cukup berbahaya bagi bumi karena dapat merusak lapisan ozon bumi & meningkatkan suhu rata-rata bumi.

Faktor faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya pemanasan global?

Emisi gas rumah kaca menjadi penyebab utama pemanasan global. Berbagai aktivitas manusia juga bisa meningkatkan emisi gas, seperti penebangan hutan, penggunaan kendaraan bermotor dan listrik berlebihan, serta limbah industri, pertanian, dan peternakan.

Jelaskan dampak apa yang mungkin timbul dari penggunaan AC maupun lemari pendingin yang menggunakan CFC?

Dampak yang ditimbulkan dari penggunaan AC dan lemari es yakni gas klorofluorokarbon (CFC). Gas tersebut berbentuk freon. Biasa digunakan sebagai gas pendingin pada kulkas dan AC, sayangnya CFC ini sangat berbahaya karena dapat merusak lapisan ozon pada bumi. Alhasil mampu menyebabkan peningkatan suhu di bumi.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan efek rumah kaca dan pemanasan global?

Pengertian efek rumah kaca dan pemanasan global Efek rumah kaca adalah proses pemanasan Bumi yang disebabkan oleh radiasi matahari yang masuk menembus atmosfer. Sementara pemanasan global merupakan peningkatan suhu Bumi, diakibatkan oleh banyaknya zat pencemar atau polutan dalam udara.

Kenapa penggunaan freon dalam kehidupan sehari hari dianggap sangat berpengaruh terhadap perubahan lingkungan?

Akibat reaksi dengan gas berbahaya seperti CFC atau freon ini kepadatan ozon berkurang karena terpecah menjadi gas oksigen biasa. Akibatnya lapisan ozon menipis dan sinar berbahaya ultraviolet matahari masuk hingga ke permukaan bumi.

Refrigerant apa yang aman digunakan dan yang Minim berakibat ke global warming?

Dari tabel di atas menunjukkan bahwa refrigeran R32 sangat ramah lingkungan karena sama sekali tidak memiliki dampak terhadap penipisan lapisan ozon. Selain membuat AC ramah lingkungan, penggunaan R32 juga ternyata menghasikan udara dingin lebih baik dibanding AC dengan refrigeran R410 dan R22.

Apakah AC sekarang masih menggunakan freon?

Freon AC sudah ada sejak lama, oleh karena itulah sangat banyak sekali unit pendingin yang masih menggunakan gas jenis ini. Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membeli gas freon karena harganya yang murah. Sifatnya yang aman dan tidak terlalu beracun.

Bahan pendingin jenis apa yang tidak merusak lapisan ozon?

R-134a merupakan Freon hydro fluoro carbon yang berfungsi sebagai refrigerant pada sistem pendingin di mobil. Jenis ini tidak mengandung chloro, sehingga aman dan tidak akan merusak lapisan ozon.

Apa saja yang dapat mencemari lingkungan?

Pencemaran lingkungan terbagi menjadi tiga jenis, yaitu pencemaran air, pencemaran tanah, dan pencemaran udara.

  1. Pencemaran Udara. Pencemaran udara terjadi karena adanya zat-zat polutan yang mengotori udara.
  2. Pencemaran Air. ...
  3. Pencemaran Tanah.

10 Mengapa penggunaan ac dapat menambah permasalahan lingkungan global Images

Contoh Aktivitas yang Menjaga dan Merusak Kelestarian Lingkungan

Contoh Aktivitas yang Menjaga dan Merusak Kelestarian Lingkungan

Kuis TebakTebakan Seru dan Menambah Wawasan  Kuis Tebaktebakan

Kuis TebakTebakan Seru dan Menambah Wawasan Kuis Tebaktebakan

Pin en ARMY TOUR

Pin en ARMY TOUR

Pertumbuhan penduduk tidak hanya menimbulkan masalah kependudukan dan

Pertumbuhan penduduk tidak hanya menimbulkan masalah kependudukan dan

Tips Cara Meninggikan Badan Secara Alami Beserta Contoh Gambar dan

Tips Cara Meninggikan Badan Secara Alami Beserta Contoh Gambar dan

Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Rajin Baca Buku  Indonesia Baik Study

Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Rajin Baca Buku Indonesia Baik Study

Manfaat Air  Kegiatan untuk anak Kegiatan sekolah Pendidikan anak

Manfaat Air Kegiatan untuk anak Kegiatan sekolah Pendidikan anak

TES KEMAMPUAN IQ  KECERDASAN INTELEGENSI SMA  ARIS HANDIKA Rp 49500

TES KEMAMPUAN IQ KECERDASAN INTELEGENSI SMA ARIS HANDIKA Rp 49500

Pin di Belajar di rumah

Pin di Belajar di rumah

Post a Comment for "Mengapa Penggunaan Ac Dapat Menambah Permasalahan Lingkungan Global"