Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Surat Izin Mengemudi

Pengertian surat izin mengemudi

Pengertian surat izin mengemudi

SIM (Surat Ijin Mengemudi) adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada seseoraang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan trampil mengemudikan kendaraan bermotor.

Siapa yang Wajib memiliki SIM?

Setiap pemilik kendaraan bermotor wajib membuat SIM di Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) yang di bawah tanggung jawab Kepolisian Republik Indonesia.

Apa kepanjangan SIM dan apa saja jenisnya?

SIM adalah singkatan dari Surat Izin Mengemudi. SIM menjadi salah satu dokumen yang wajib dimiliki para pengendara. Tanpa adanya SIM, Anda bisa ditilang. Ingin mengenal apa itu SIM lebih jauh?

Siapa yang mengeluarkan SIM?

Karenanya, kewenangan Polri di bidang registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor dan penerbitan SIM merupakan kewenangan yang sah.

Apa tujuan Surat Izin Mengemudi?

Sebagai bukti kompetensi mengemudi, 2. Sebagai registrasi pengemudi kendaraan bermotor yang memuat keterangan identitas lengkap pengemudi, 3. Untuk mendukung kegiatan penyelidikan, penyidikan dan identifikasi forensik Kepolisian.

Mengapa harus punya SIM?

SIM adalah syarat wajib bagi pengendara di Indonesia. Pemilik SIM menandakan dirinya kompeten untuk mengemudikan kendaraan di jalan raya. Selain harus bisa mengemudi, usia atau umur bagi pengendara yang akan membuat SIM juga ada batas minimalnya.

SIM motor ada berapa?

SIM C diperuntukkan kepada pengendara sepeda motor. Namun ada pembagian tiga kategori untuk SIM C yang tergantung dari kapasitas silinder atau muatan cc. Pertama, SIM C1 untuk sepeda motor di bawah 250 cc. Kedua, SIM C2 untuk sepeda motor di atas 250 cc dan maksimal 500 cc.

SIM apa saja?

Jenis SIM Kendaraan Bermotor di Indonesia

  • SIM A. SIM A diperuntukkan bagi Anda yang mengemudikan mobil dengan jumlah berat mobil tidak melebihi 3.500 kilogram.
  • SIM B. ...
  • SIM C. ...
  • SIM D.

Buat SIM harus umur berapa?

SIM A yang dikenakan batasan usia minimal 17 tahun berlaku bagi kendaraan yang memuat maksimal 3.500 kg beban berupa mobil penumpang perseorangan maupun barang perseorangan.

Apa yang dimaksud dengan kartu SIM?

Kartu SIM (Subscriber Identity Module atau Subscriber Identification Module) adalah sebuah kartu kecil yang ditaruh di telepon genggam yang menyimpan kunci pengenal jasa telekomunikasi.

Untuk motor SIM apa?

- SIM C, digunakan untuk mengemudikan sepeda motor yang terdiri atas: SIM C untuk pengemudi sepeda motor dengan kisaran kapasitas silinder (cylinder capacity) paling tinggi 250 kapasitas silinder. SIM C untuk pengemudi sepeda motor dengan kisaran kapasitas silinder antara 250 sampai dengan 750 kapasitas silinder.

Jelaskan langkah langkah yang diperlukan untuk mendapatkan SIM?

Prosedur :

  1. Mengisi formulir permohonan disertai fotokopi KTP dan pas foto.
  2. Mengikuti ujian teori yang diadakan, apabila lulus ujian maka akan melanjutkan ke tahapan berikutnya.
  3. Menjalani ujian praktik sesuai dengan jenis SIM yang di kehendaki.

Apakah wajib membawa SIM?

Hal tersebut bahkan diatur dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Maka dari itu, bagi setiap pengendara dipastikan sudah memiliki SIM dan selalu membawanya saat menggunakan kendaraan.

Berapa biaya nembak SIM?

Soalnya, beberapa media massa arus utama yang berhasil mewawancarai oknum calo melaporkan pada semester satu 2021 kalau biaya bikin SIM nembak untuk SIM C ada di kisaran Rp500 ribu sampai dengan Rp600 ribu. Untuk SIM A, ongkosnya tentu tak sama. Ada yang mematok antara Rp700 ribu hingga Rp800 ribu.

Berapa biaya pembuatan SIM?

Rincian biaya resmi bikin SIM Baru Umumnya, biaya tambahan untuk asuransi dan pemeriksaan kesehatan adalah Rp 55.000. Lalu untuk tes psikologi juga umumnya dikenakan biaya sekitar Rp 50.000. Dengan begitu, bila ditotal membuat SIM A baru kamu akan dikenakan biaya sekitar Rp 225.000 dan SIM C Rp 205.000.

Apakah penting bagi seorang pelajar memiliki surat izin mengemudi?

Kedua, Surat Izin Mengemudi berfungsi sebagai registrasi Pengemudi Kendaraan bermotor yang memuat keterangan identitas lengkap Pengemudi. Hal ini juga akan mempermudah untuk mengidentifikasi pengendara, jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan, seperti kecelakaan, sehingga akan lebih cepat tertangani.

Kenapa harus umur 17 tahun?

Lantas, kenapa baru di umur tersebut pemilik kendaraan baru boleh mendapatkan SIM? Training Direction The Real Driving Center (RDC), Marcell Kurniawan, pada usia 17 tahun seseorang sudah dianggap dewasa karena sudah cukup berkembang baik secara fisik, perilaku, dan mentalnya.

Apakah umur 17 bisa bikin SIM?

Syarat seseorang bikin SIM golongan tertentu harus lebih dari 17 tahun sesuai peraturan baru. Tentang syarat bikin SIM diatur Peraturan Polisi Nomor 5 Tahun 2021 Tentang Penerbitan dan Penandaan SIM Pasal 3 Ayat 2, SIM Digolongkan menjadi golongan.

SIM dibuat dimana?

Pembuatan SIM dapat dilakukan di kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) terdekat dari domisili KTP pendaftar.

Kartu apa saja yang ada di Indonesia?

Saat ini Indonesia memiliki 7 operator seluler yaitu PT. Hutchison 3 Indonesia (Tri), PT. XL Axiata (XL), PT. Indosat (Indosat), PT. Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (Ceria), PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT. Smartfren dan PT. Bakrie Telecom.

11 Pengertian surat izin mengemudi Images

Pin on Selasa 31 Mei SIM Keliling

Pin on Selasa 31 Mei SIM Keliling

Contoh Surat Keputusan Pencabutan Izin  Surat Pemerintah Kota balikpapan

Contoh Surat Keputusan Pencabutan Izin Surat Pemerintah Kota balikpapan

Makalahid  Apakah anda tahu tentang pengertian dan contoh surat

Makalahid Apakah anda tahu tentang pengertian dan contoh surat

Yllk zin Formu Nasl Doldurulur 2020 zin Formu rnei  Kariyer

Yllk zin Formu Nasl Doldurulur 2020 zin Formu rnei Kariyer

Makalahid  Pada zaman sekarang ini kita tentunya harus paham mengenai

Makalahid Pada zaman sekarang ini kita tentunya harus paham mengenai

Izin Money Changer Pengertian mengurus izin Money changer di kota

Izin Money Changer Pengertian mengurus izin Money changer di kota

Contoh Surat Penawaran Harga Jasa  Cv template word Invoice design

Contoh Surat Penawaran Harga Jasa Cv template word Invoice design

4 contoh surat lamaran kerja guru bimbel informasi dari orang dalam

4 contoh surat lamaran kerja guru bimbel informasi dari orang dalam

41 Surat Undangan Ulang Tahun Kelas 5  Olx

41 Surat Undangan Ulang Tahun Kelas 5 Olx

Gambaran Tes Praktek SIM C Dengan gambar  Surat Gambar Tulisan

Gambaran Tes Praktek SIM C Dengan gambar Surat Gambar Tulisan

Post a Comment for "Pengertian Surat Izin Mengemudi"