Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dasar Gereja

Kesatuan di dalam Gereja mendapatkan dasarnya dari kesatuan Tritunggal, yaitu Bapa, Putera dan Roh Kudus. Allah Tritunggal kendati memiliki tiga pribadi, namun hakikatnya adalah Satu. Sama halnya dengan Gereja, kendati beraneka ragam, namun tetap Satu yaitu Gereja yang berkumpul dalam Tuhan Yesus Kristus.

Apa dasar ajaran Kristen?

Asas utama agama Kristen adalah kepercayaan pada Yesus sebagai Putra Allah dan Mesias (Kristus).

Apa saja sifat sifat gereja?

Di dalam definisi syahadat panjang itu pada anggota kesudahan dinyatakan ke empat sifat atau ciri Gereja Katolik : satu, kudus, Katolik dan apostolik.

Apa yang dimaksud dengan gereja?

Gereja adalah rumah tempat Allah bertahta. Gereja adalah keluarga Allah yang dibangun atas landasan batu yang hidup yaitu Yesus Kristus. Jadi jika berbicara tentang gereja, maka yang dimaksud adalah manusianya baik secara universal, lokal maupun individual.

4 Apa arti sifat gereja itu kudus?

Satu: adanya kesatuan pada Gereja karena Roh Kudus sendirilah yang menyatukan seluruh umat. Contoh dari penerapan sifat Gereja yang satu adalah mengadakan ibadah bersama. Kudus: Gereja sudah menjadi kudus dan dikuduskan oleh Yesus sendiri melalui kasih-Nya. Menjadi kudus juga menjadi tujuan dari Gereja.

Apa fungsi dari gereja?

Gereja. Gereja merupakan tempat ibadah bagi umat Katolik dan Kristen untuk berkomunikasi pada Allah. Gedung gereja hendaknya dijadikan sarana untuk membangun relasi antar jemaat maupun masyarakat luas dan relasi antara manusia dengan Tuhan. Dilansir dari BBC, gereja memiliki fungsi sosial dan komunitas.

Yesus itu siapa sih?

Yesus Kristus adalah inti bagi Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, yang menyandang nama-Nya. Anggota Gereja percaya Yesus adalah Putra Allah, Putra Tunggal dalam daging ( Yohanes 3:16).

Siapa Tuhan Kristen Protestan?

Trinitas dalam Kristen Protestan adalah Tiga Tuhan yakni Tuhan Bapa, Tuhan Yesus dan Tuhan Roh Kudus dan ketiganya adalah mempunyai fungsi serta tugas yang sama (Esa).

Yesus apakah Nabi Isa?

Di dalam Al-Quran, Isa atau Yesus dipandang sebagai hamba Allah (abdullah), nabi, dan rasul. Tuhan mengajarinya Taurat, memberinya Injil (3:48), dan membantunya dengan Roh Kudus (2:87).

Mengapa gereja itu disebut kudus?

Gereja itu kudus sebab anggotanya adalah kudus, karena ditandai oleh Kristus melalui pembaptisan dan diserhakan kepada Kristus serta dipersatukan dalam iman, harapan, dan cinta yang kudus. Semua anggota diarahkan menuju kekudusan.

Sakramen ada berapa?

Ketujuh sakramen adalah Pembaptisan, Krisma (atau Penguatan), Ekaristi (Komuni), Imamat (Pentahbisan), Rekonsiliasi (atau Pengakuan Dosa), Pengurapan orang sakit (Minyak Suci), dan Pernikahan.

Apa saja lima tugas gereja?

Panca Tugas Gereja

  1. Kerygma (Pewartaan) “Kerygma” berasal dari bahasa Yunani yang berarti karya pewartaan Kabar Gembira.
  2. Diakonia (Pelayanan) Diakonia berarti pelayanan. ...
  3. Koinonia (Paguyuban) Koinonia adalah bahasa Yunani, berasal dari kata “koin” yang berarti mengambil bagian. ...
  4. Leitourgia (Liturgi) ...
  5. Martyria (Kesaksian)

Apa arti dan tujuan gereja?

Tujuan gereja sendiri adalah untuk membentuk persekutuan umat Allah, memuliakan Allah melalui ibadah, mendewasakan umat Allah melalui pengajaran-Nya yang bersumber dari Firman Tuhan dan tugas penginjilan ke seluruh dunia sehingga semakin banyak orang yang terpanggil sebagai umat Allah.

Siapa pemimpin gereja?

Pemimpin jemaat disebut uskup. “Paroki” administratifnya disebut lingkungan. Sekumpulan lingkungan membentuk pasak, dan pemimpin pasak adalah presiden pasak.

Kapan gereja itu lahir?

Gereja mula-mula. Gereja dimulai 40 hari sesudah kebangkitan Yesus (sekitar tahun 30-34 Masehi). Yesus sudah berjanji bahwa Dia akan mendirikan gerejaNya (Matius 16:18), dan dengan datangnya Roh Kudus pada hari Pentakosta (Kisah 2:1-4), "Gereja" (“kumpulan yang dipanggil keluar”) secara resmi dimulai.

Apa saja ciri ciri Gereja sebagai umat Allah?

Terdapat 4 ciri gereja umat Allah, antara lain satu, kudus, katolik dan juga apostolik. Keempat ciri gereja umat Allah ini menunjuk pada empat aspek hakiki atas gereja yang sejati yakni persatuan, sifat yang universal, kesucian serta kerasulan.

Mengapa gereja disebut bersifat katolik?

Kata “katolik” memiliki arti umum, universal, meresapi segala-galanya. Gereja bersifat katolik karena terbuka bagi dunia, tidak sebatas pada tempat tertentu, bangsa dan kebudayaan tertentu, waktu dan golongan masyarakat tertentu.

Apa ciri Gereja katolik?

Syahadat inilah yang lebih banyak digunakan dalam liturgi-liturgi Gereja Katolik. Di dalam rumusan syahadat panjang itu pada bagian akhir dinyatakan ke empat sifat atau ciri Gereja Katolik: satu, kudus, Katolik dan apostolik.

Gereja itu agama apa?

2. Gereja (Kristen Protestan) Gereja merupakan tempat ibadah bagi agama Kristen Protestan untuk berkomunikasi dengan Tuhan. Selain digunakan sebagai tempat beribadah, gedung gereja berguna untuk membangun relasi antar jemaat dan masyarakat luas.

Apa tujuan tugas pelayanan gereja?

Dua tujuan yang tidak dapat dikesampingkan dari gereja dapat dilukiskan seperti berikut: dikumpulkan, untuk melayani tubuh Kristus, dan tersebar, untuk melayani dunia. Penting sekali untuk membedakan kedua tujuan ini.

Post a Comment for "Dasar Gereja"