Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dasar Teori Rangkaian Seri Dan Paralel

Komponen sebuah rangkaian listrik atau rangkaian elektronik dapat dihubungkan dengan berbagai cara. Dua tipe paling sederhana adalah rangkaian seri dan parallel. Rangkaian yang disusun secara sejajar disebut rangkaian paralel, sedangkan rangkaian yang disusun secara berderet dan berurutan disebut rangkaian seri.

Apa kesimpulan dari percobaan rangkaian seri?

Kesimpulan: Pada rangkaian seri, arus listrik mengalir dalam satu jalur. Jika satu lampu dinyalakan, lampu yang lain juga akan menyala, dan sebaliknya jika dimatikan.

Apa yang dapat kamu simpulkan tentang rangkaian listrik seri dan paralel?

Keuntungan dari rangkaian seri adalah besar kuat arus listrik yang tidak dibagi, sehingga lampu dalam rangkaian seri lebih terang. Rangkaian paralel adalah rangkaian yang memiliki lebih dari satu jalur tempat arus listrik mengalir dari sumber arus listrik.

Bagaimana karakteristik rangkaian seri dan paralel?

Karakteristik rangkaian seri dan rangkaian paralel: Rangkaian seri hanya memiliki satu jalur untuk aliran arus listrik. Rangkaian paralel memiliki lebih dari satu jalur bagi arus listrik untuk mengalir.

Bagaimana konsep rangkaian seri?

RANGKAIAN SERI Rangkaian seri terdiri dari dua atau lebih beban listrik yang dihubungkan ke catu daya lewat satu rangkaian. Rangkaian listrik seri adalah suatu rangkaian listrik, di mana input suatu komponen berasal dari output komponen lainnya.

Apa rumus rangkaian seri?

Berikut adalah gambar bentuk rangkaian seri. Berikut ini adalah rumus dari rangkaian seri yang perlu kamu pahami: Rs = R1 + R2 + R3 + . . .

Apa tujuan dari rangkaian paralel?

Rangkaian paralel membuat lampu yang terhubung dengan baterai dan saklar dapat menyala dengan baik. Apabila bohlam lampu pertama dimatikan, bohlam lampu kedua masih menyala. Begitu pula sebaliknya. Hal ini bisa terjadi karena kedua lampu berasal dari sumber listrik yang sama.

Apa tujuan dari rangkaian seri?

tujuan membuat rangkaian seri adalah untuk menghemat biaya karena tidak banyak membutuhkan kabel, dan tentunya memiliki manfaat yaitu sinar lampu lebih terang karena hanya ada satu jalur.

Apa ciri ciri dari rangkaian seri?

Ciri rangkaian seri adalah: Arus yang mengalir pada masing-masing elemen sama besar. Tegangan listrik akan dibagi sama besar. Beban listrik yang dihubungkan dalam rangkaian seri akan menyebabkan naik atau turunnya arus yang mengalir dalam rangkaian.

Apa perbedaan dan persamaan dari rangkaian seri dan paralel?

Rangkaian seri adalah rangkaian listrik yang disusun secara sejajar dan dipasang menggunakan satu jalur, sedangkan rangkaian paralel adalah rangkaian listrik yang disusun secara berderet dan dirangkai dalam tiap komponen yang sama tegangannya.

Apa keuntungan dari rangkaian seri?

Keunggulan yang dimiliki oleh rangkaian elektronika secara seri antara lain adalah dengan rangkaian tersebut maka bisa dilakukan penghematan kabel serta saklar, dengan begitu rangkaian secara seri ini bisa dikatakan akan sangat menghemat biaya.

Apa kelemahan dari rangkaian seri?

Kekurangan rangkaian seri a. Jika salah satu komponen rusak, seluruh komponen akan mati berfungsi. b. Saat dipasang beberapa lampu, nyala lampu tidak sama terang.

6 Apa karakteristik rangkaian seri?

Karakteristik dari rangkaian seri adalah tegangan dari sumber akan dibagi dengan jumlah tahanan yang dipasang pada masing-masing cabang. Sedangkan arus yang mengalir pada masing-masing beban adalah sama.

Apa saja sifat dari rangkaian paralel?

Sifat-sifat Rangkaian Paralel Jika salah satu cabang tahanan paralel terputus, arus listrik yang terputus hanya pada rangkaian tersebut. Rangkaian cabang lain tetap bekerja tanpa terganggu oleh rangkaian cabang yang terputus itu. Masing-masing cabang dalam rangkaian paralel adalah rangkaian individu.

Apa kelemahan rangkaian seri dan rangkaian paralel?

Walaupun memiliki keunggulan dibandingkan rangkaian seri, rangkaian paralel juga memiliki kelemahan. Rangkaian ini membutuhkan lebih banyak kabel untuk menghubungkan beban listrik sehingga biayanya pun lebih besar. Tegangan pada masing-masing beban listrik sama dengan tegangan sumber listrik.

Apa itu rangkaian paralel dan contohnya?

Apa Itu Rangkaian Paralel dan Contohnya? Rangkaian listri paralel juga dikenal dengan nama rangkaian bercabang (sejajar, yakni rangkaian yang alat-alat listriknya tersusun sejajar. Contoh rangkaian listrik paralel adalah listrik dalam rumah, kantor dan pabrik.

Bagaimana cara menghitung rangkaian paralel?

Rumus Dasar

  1. Rumus hambatan total RTrangkaian paralel: 1/RT = 1/R1 + 1/R2 + 1/R3 +
  2. Nilai tegangan listrik pada setiap cabang rangkaian paralel selalu sama: VT = V1 = V2 = V3 = ...
  3. Nilai arus listrik total IT = I1 + I2 + I3 + ...
  4. Rumus Hukum Ohm: V = IR.

Bagaimana ciri ciri rangkaian dc paralel?

Ciri-Ciri Rangkaian Paralel Memiliki percabangan. Hambatan total lebih kecil. Tegangan listrik pada setiap komponen sama besar. Arus listrik yang mengalir pada setiap komponen besarnya tidak sama.

Apa kelebihan dari rangkaian listrik paralel?

Kelebihan rangkaian paralel 1. Pembagian arus akan merata pada setiap bagian. 2. Jika satu bagian terputus, bagian lain tidak akan terganggu. 3. Listrik akan hemat, karena tidak semua menyala terus.

Apa persamaan seri dan paralel?

Persamaan Rangkaian seri dan rangkaian paralel: 1.Daya dan arus listrik rangakaian seri dan paralel memiliki kesamaan dalam kebutuhan sumber listriknya. 2.Memiliki kabel untuk menyalurkan arus listrik.

Post a Comment for "Dasar Teori Rangkaian Seri Dan Paralel"