Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Pengertian Mengindeks

Jelaskan pengertian mengindeks

Jelaskan pengertian mengindeks

Mengindeks adalah menentukan uraian unit-unit atau bagian-bagian dari kata tangkap yang akan disusun menurut abjad. Kata tangkap dapat berupa nama orang, nama badan, nama tempat, istilah subjek, atau angka, tergantung pada sistem penyimpanan yang digunakan.

Apa yang dimaksud indeks dalam arsip?

Pengertian Indeks pada dasarnya merupakan ciri khusus permasalahan atau tanda pengenal suatu naskah dinas yang berupa kata tangkap (caption) yang berfungsi sebagai petunjuk untuk mengenali dan memudahkan penemuan kembali arsip.

Apa yang dimaksud dengan indeks jelaskan fungsinya?

Fungsi INDEX menghasilkan nilai atau referensi ke nilai dari dalam tabel atau rentang.

Apakah yang dimaksud dengan kata tangkap indeks mengindeks?

tangkap adalah nama-nama subyek/masalah, sedangkan sistem kronologis kata tangkap ialah tanggal. Paling tidak, ada 20 standar aturan mengindeks yang digunakan. dianggap penting.

Apa yang dimaksud dengan indeks dan berikan contohnya?

Indeks adalah rasio antara dua unsur kebahasaan tertentu yang mungkin menjadi ukuran suatu ciri tertentu, bagian dari penunjuk. Dicontohkan, apa itu indeks adalah daftar harga sekarang dibandingkan dengan harga sebelumnya menurut persentase untuk mengetahui turun naiknya harga barang.

Apa yang dimaksud dengan mengindeks surat dengan sistem tanggal?

Jawaban: yang dimaksud dengan mengindeks surat dalam sistem tanggal adalah teknik menyimpan arsip dengan menggunakan sistem tanggal urut pada arsip tersebut.

Apa yang dimaksud dengan mengindeks surat dalam sistem nomor?

Jawaban: Yang dimaksud mengindeks surat dalam sistem nomor yaitu teknik menyimpan arsip dengan menggunakan sistem nomor urut pada arsip tersebut.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan unit dalam mengindeks?

Istilah lain yaitu unit. Unit adalah bagian kecil dari kata tangkap yang mempunyai pengertian sendiri. Masing-masing unit dari kata tangkap ditentukan oleh peraturan mengindeks. Hal ini sangat penting dalam menyusun urutan abjad yang berpatokan pada unit demi unit dan huruf demi huruf.

Bagaimana cara mengindeks nama orang?

Jawaban: 1. Nama tunggal, adalah nama orang yang terdiri atas suku kata, maka diindeks sebagaimana nama tersebut ditulis. 2. Nama ganda, adalah nama orang yang terdiri lebih dari satu suku kata, maka diindeks berdasarkan suku kata terakhir dari nama tersebut.

Syarat syarat apa saja dalam kegiatan mengindeks?

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menetapkan indeks adalah a. singkat, jelas, mudah diingat dan dimengerti. b. kata berasal dari arsip itu sendiri. c. penentuan Indeks didasarkan atas kebutuhan pemakainya.

Bagaimana peraturan mengindeks nama orang?

Perhatikan peraturan mengindeks nama orang Indonesia berikut : Nama tunggal diindeks seperti nama tersebut ditulis. Nama tunggal dalam urutan abjad mendahului nama tunggal lain yang sama, yang mempunyai singkatan. Singkatan mendahului kepanjangannya.

Bagaimana cara mengindeks badan pemerintah daerah?

Nama Badan Pemerintah Daerah diindeks menurut nama-daerah, diikuti tingkat daerah bersangkutan, kemudian seterusnya nama-nama-instansi dari yang tinggi ke yang lebih rendah, dengan masing-masing tingkat-instansi ditempatkan dalam tanda kurung di belakang nama-instansi masing-masing.

Apa kegunaan indeks dalam dunia administrasi?

•Kegunaan indeks dalam dunia administrasi adalah untuk mengelompokkan atau menyatukan arsip/dokumen yang memiliki kode dan kegiatan yang sama kemudian disatukan ke dalam satu berkas. Dan juga sebagai media penemuan kembali dokumen.

Apa saja yang ditulis dalam kartu indeks?

Kartu indeks memuat informasi tentang:

  • Judul/nama surat.
  • Nomor surat.
  • Hal surat.
  • Tanggal surat.
  • Kode surat.
  • Kode kartu indeks.

Apakah yang dimaksud nama ganda dalam mengindeks?

Nama Ganda, adalah nama yang terdiri dari lebih satu kata diindeks berdasarkan nama akhir.

Bagaimana cara mengindeks nama orang yang memakai gelar akademik gelar kepangkatan ataupun keagamaan?

Nama orang yang memakai gelar, yang diutamakan ialah nama asli atau marga dan gelar tidak diindeks. Gelar ditempatkan pada unit terakhir dalam tanda kurung. Namun apabila gelar tersebut diikuti nama tunggal maka gelar tersebut turut diindeks.

Jika arsip mempunyai judul lebih dari satu di mana nama nama tersebut mempunyai nilai yang sama pentingnya maka anda dapat menggunakan?

Jika suatu arsip mempunyai lebih dari satu judul/caption/nama. Contoh: - Abdurarahman Wahid sering dipanggil dengan Gus Dur. Kedua nama tersebut sama-sama populer, maka dapat dibuatkan kartu tunjuk silangnya.

Bagaimana susunan indeks?

Indeks disusun berdasarkan abjad. Cara penyusunan indeks dapat dilakukan dengan cara beriket; (1) setiap indeks diikuti dengan nomor entri atau nomor urut; (2) indeks diletakkan di halaman terakhir, dimulai dari indeks judul, indeks pengarang, dan indeks kata kunci; (3) indeks disusun berdasarkan urutan abjad.

Bagaimana Cara mengindeks nomor kode?

Cara mengindeks nomor kode yaitu: Dua angka dibelakang merupakan unit 1, yang menunjukkan nomor laci dan juga guide. Satu angka berikutnya menunjukkan nomor folder. Sisa seluruh angka sesudah unit 2 adalah unit 3 yaitu menunjukkan surat dari sekian yang ada dalam folder.

Bagaimana mengindeks nama perusahaan yang menggunakan angka?

Nama perusahaan yang terdiri dari angka sebagai bagian dari nama tersebut, angka itu diindeks sebagai satu unit. Nama perusahaan yang memakai tanda penghubung seperti dari, dan pasa, of, and, dan sebagainya, tidak diperhatikan dalam mengindeks dan ditempatkan di antara dua tanda kurung.

15 Jelaskan pengertian mengindeks Images

Pewwwwwwiiiiiiiiiiiiiiiiitttttttttt  NEW izinkan kami jelaskan

Pewwwwwwiiiiiiiiiiiiiiiiitttttttttt NEW izinkan kami jelaskan

Kau butuh perhatian dia butuh pengertian di situ kalian berpisah

Kau butuh perhatian dia butuh pengertian di situ kalian berpisah

Manfaat Google Plus Sebagai Pendukung Seo Untuk Mengindeks Artikel

Manfaat Google Plus Sebagai Pendukung Seo Untuk Mengindeks Artikel

Pin by Alize Le Gal on Kim so hyun  Kim sohyun Kim so hyun fashion

Pin by Alize Le Gal on Kim so hyun Kim sohyun Kim so hyun fashion

 Supattra Khonyai

Supattra Khonyai

Sesama idol itu harus saling pengertian Bagaimana bisa kita seperti

Sesama idol itu harus saling pengertian Bagaimana bisa kita seperti

Pin by Ploy Perry on business card in 2024  Formal attire women id

Pin by Ploy Perry on business card in 2024 Formal attire women id

Manfaat Google Plus Sebagai Pendukung Seo Untuk Mengindeks Artikel

Manfaat Google Plus Sebagai Pendukung Seo Untuk Mengindeks Artikel

Post a Comment for "Jelaskan Pengertian Mengindeks"