Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dasar Pengenaan Pajak

Pengertian dasar pengenaan pajak

Pengertian dasar pengenaan pajak

Dasar Pengenaan Pajak (DPP) adalah jumlah Harga Jual, Penggantian, Nilai Impor, Nilai Ekspor, atau nilai lain yang dipakai sebagai dasar untuk menghitung pajak yang terutang.

Apa fungsi dari Dasar Pengenaan Pajak DPP?

Dasar Pengenaan Pajak digunakan untuk menghitung besarnya PPN terutang, PPnBM terutang, PPh Pasal 22 terutang, PPh Pasal 23 terutang, dan PPh Pasal 4 ayat 2 terutang.

Bagaimana Dasar Pengenaan Pajak penghasilan?

Dasar Pengenaan Pajak (DPP) untuk jumlah penghasilan bruto yang berlaku bagi penerima penghasilan selain penerima penghasilan di atas. Dasar Pengenaan Pajak (DPP) dan Pemotongan PPh Pasal 26 adalah jumlah penghasilan bruto.

Apa saja komponen komponen Dasar Pengenaan Pajak DPP?

Dalam nilai tersebut, harus pula dimasukkan beberapa komponen berikut: pajak, bea masuk, retribusi dan biaya, tidak termasuk PPN terutang itu sendiri; biaya komisi, biaya pengepakan, biaya transportasi dan asuransi, yang dikenakan kepada konsumen oleh pihak yang menyerahkan barang dan/atau jasa.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan DPP nilai lain?

DPP nilai lain merupakan dasar pengenaan PPN yang ditetapkan Menteri Keuangan dan ditujukan untuk transaksi/penyerahan tertentu. Hal ini diatur dalam PMK No. 121/PMK. 03/2015 tentang Perubahan Ketiga atas PMK No.75/PMK. 03/2010 tentang Nilai Lain sebagai Dasar Pengenaan Pajak.

Apa yang dimaksud dengan pengenaan?

[pengenaan] Arti pengenaan di KBBI adalah: proses, cara, perbuatan mengenai atau mengenakan.

Apa yang dimaksud dengan dasar pengenaan pajak dan pemotongan PPh pasal 21?

Sedangkan untuk dasar pengenaan pajak dan pemotong PPh pasal 21 adalah penghasilan kena pajak bagi pegawai tetap, penerima pensiun berkala, pegawai tidak tetap yang penghasilannya dibayar bulanan, bukan pegawai. Wajib pajak yang dimaksud adalah yang memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP).

Apa itu DPP dalam PPh 22?

Dasar Pemungutan Pajak (DPP) dan tarif PPh Pasal 22 diatur dalam Pasal 2 Peraturan Menteri Keuangan Nomor 34/PMK.010/2017 tentang Pemungutan Pajak Penghasilan Pasal 22 Sehubungan dengan Pembayaran atas Penyerahan Barang dan Kegiatan di Bidang Impor atau Kegiatan Usaha di Bidang Lain.

Apa yang dijadikan Dasar Pengenaan Pajak PPN?

Dasar Pengenaan Pajak adalah jumlah Harga Jual, Penggantian, Nilai Impor, Nilai Ekspor, atau Nilai Lain yang dipakai sebagai dasar untuk menghitung pajak yang terutang.

Apa yang menjadi dasar pengenaan dan pemotongan PPh pasal 26?

Dasar Pengenaan Pajak (DPP) PPh Pasal 26 adalah sebesar Penghasilan Kena Pajak sesudah dikurangi pajak dari suatu bentuk usaha tetap di Indonesia apabila penghasilan tersebut tidak ditanamkan kembali di Indonesia.

Berapa persen pajak PPh 22?

Tarif PPh Pasal 22 Atas pembelian barang yang dilakukan oleh DJPb, Bendahara Pemerintah, BUMN/BUMD (Lihat Pemungut dan Objek PPh Pasal 22 butir 2,3, dan 4) sebesar 1,5% (satu setengah persen) dari harga pembelian tidak termasuk PPN dan tidak final.

Bagaimana cara menghitung PPh pasal 22 berikan contohnya?

PPh 22 merupakan pengenaan pajak pada badan usaha yang melakukan perdagangan impor, ekspor, atau re-impor. Berlaku bagi badan usaha pemerintah atau usaha swasta. ... Contoh Perhitungan

  1. Harga pembelian = Rp22.000.000.
  2. Dasar Pengenaan Pajak = Rp20.000.000 (100/110 X Rp22.000.000)
  3. PPh Pasal 22 (1,5% x Rp20.000.000) = Rp300.000.

Berapa tarif pajak PPh pasal 22?

Tarif PPh Pasal 22 Atas impor: yang menggunakan Angka Pengenal Importir (API) = 2,5% x nilai impor; non-API = 7,5% x nilai impor; yang tidak dikuasai = 7,5% x harga jual lelang.

Siapa subjek pajak yang dikenakan PPh 26?

PPh Pasal 26 adalah pajak yang dikenakan atas penghasilan yang diterima wajib pajak luar negeri dari Indonesia selain Bentuk Usaha Tetap ( BUT ) dari badan pemerintah, subjek pajak dalam negeri, penyelenggara kegiatan, BUT, perwakilan perusahaan luar negeri.

Mengapa PPh Pasal 26 diterapkan di Indonesia?

PPh Pasal 26 Bertujuan agar Perusahaan Asing Taat Pajak Pemerintah sudah mengatur kebijakan mengenai pajak dalam PPh Pasal 26 agar setiap transaksi bisnis yang berhubungan dengan Wajib Pajak Luar Negeri bisa memberikan kontribusi bagi pendapatan negara.

Berapa PTKP wajib pajak?

PTKP Indonesia adalah Rp 54 juta. Jika wajib pajak sudah kawin, terdapat tambahan senilai Rp 4,5 juta. Begitu juga jika wajib pajak memiliki tambahan tanggungan untuk setiap anggota keluarga sedarah, dikenai tambahan senilai Rp 4,5 juta.

Apa perbedaan PPh dan PPN?

PPN dan PPh memiliki objek pengenaan pajak yang berbeda. PPN membebankan pajak pada proses produksi maupun distribusi dari suatu barang dan jasa. Sementara itu, PPh dikenakan terhadap penghasilan yang dimiliki oleh wajib pajak.

Apa itu PPh 22 dan contohnya?

PAJAK Penghasilan (PPh) Pasal 22 merupakan bentuk pemotongan atau pemungutan pajak yang dilakukan oleh satu pihak terhadap wajib pajak dan berkaitan dengan kegiatan perdagangan barang. Mengingat sangat bervariasinya objek, pemungut dan bahkan tarifnya yang telah dibahas sebelumnya pada bagian 1-4.

Siapa yang memotong PPh pasal 22?

Pemungutan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 22 Pemungutan ini dilakukan oleh pihak tertentu sesuai dengan penunjukkan yang dilakukan oleh Menteri Keuangan (Menkeu). Pemungutan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 22 ini meliputi: Pembelian barang yang dilakukan oleh instansi pemerintah. Kegiatan impor barang.

Apa pengertian PPh pasal 22 apa objeknya siapa subjeknya dan siapa Pemungutnya?

Jadi, PPh 22 adalah pemungutan pajak yang dilakukan satu pihak terhadap wajib pajak dan berkaitan dengan kegiatan perdagangan barang. Berdasarkan UU No. 36 Tahun 2008, objek pajak PPh Pasal 22 adalah barang yang dianggap menguntungkan.

11 Pengertian dasar pengenaan pajak Images

Pajak penghasilan pasal 21 mind mapping aesthetic economic mind

Pajak penghasilan pasal 21 mind mapping aesthetic economic mind

Mind mapping aesthetic pajak penghasilan pasal 21 noteseconomic

Mind mapping aesthetic pajak penghasilan pasal 21 noteseconomic

Rumus Dasar Turunan Fungsi Trigonometri  Trigonometri Matematika

Rumus Dasar Turunan Fungsi Trigonometri Trigonometri Matematika

Pengertian Jenis dan Fungsi Truk Molen Truk Mixer Concrete Mix Ratio

Pengertian Jenis dan Fungsi Truk Molen Truk Mixer Concrete Mix Ratio

Tax Treaty  Perjanjian Penghindaran Pajak Berganda  Matematika

Tax Treaty Perjanjian Penghindaran Pajak Berganda Matematika

Untuk Bobot dinyatakan dalam koefisien yang nilainya 1 sampai dengan 1

Untuk Bobot dinyatakan dalam koefisien yang nilainya 1 sampai dengan 1

a woman sitting in the back seat of a car

a woman sitting in the back seat of a car

Dengan seizin Tuhan biarkan aku meminangmu atas dasar cinta yang ku

Dengan seizin Tuhan biarkan aku meminangmu atas dasar cinta yang ku

Dasar abang posesif Jan lupa follow ig gua ya queensalxi aksi

Dasar abang posesif Jan lupa follow ig gua ya queensalxi aksi

Cara Menghitung Pajak PPN dan PPh  Pengikut Pendidikan Blog

Cara Menghitung Pajak PPN dan PPh Pengikut Pendidikan Blog

Post a Comment for "Pengertian Dasar Pengenaan Pajak"