Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Tata Tertib Sekolah

Pengertian tata tertib adalah seperangkat sistem atau peraturan yang harus dipatuhi serta ditaati pada suatu situasi tertentu maupun suatu tata kehidupan di dalam lingkungan tertentu.

Apa pengertian tata tertib dan peraturan?

Tata menurut kamus umum bahasa Indonesia diartikan aturan, system dan susunan, sedangkan tertib mempunyai arti peraturan. Jadi tata tertib menurut pengertian etimology adalah sistem atau susunan peraturan yang harus ditaati atau di patuhi.

Apa tujuan dari tata tertib sekolah?

Disiplin dan tata tertib sekolah dibuat untuk menciptakan suasana sekolah yang aman dan tertib sehingga akan terhindar dari kejadian-kejadian yang bersifat negatif.

Apa inti dari isi tata tertib di sekolah?

Isi tata terib sekolah secara garis besar adalah berupa tugas dan kewajiban siswa yang harus dilaksanakan, larangan dan sanksi. Pada hakikatnya, tata tertib sekolah, baik yang berlaku umum maupun khusus, meliputi tiga unsur berikut: a. Perbuatan atau tingkah laku yang diharuskan dan yang dilarang.

Apa yang dimaksud dengan tata tertib brainly?

Jawaban. Aturan yang dibuat dan ditujukan untuk mencapai ketertiban atau kedisiplinan suatu organisasi agar kelangsungan organisasi dapat berjalan dengan baik, aman dan tertib.

Apa saja yang termasuk tata tertib di sekolah?

Contoh Kumpulan Tata Tertib Sekolah Bagi siswa yang terlambat lebih kurang 10 menit diminta untuk melapor kepada guru piket. Siswa harus berpakaian seragam lengkap, bersih dan rapi serta mengenakan kaus kaki.

Apa alasan dibuat tata tertib?

Tata tertib mengatur setiap perilaku dan tindakan peserta didik dan lembaga yang berada di dalamnya agar tidak menyimpang dari norma yang ada. Sebuah tata tertib terbentuk karena hasil kesepakatan bersama sehingga semua pihak wajib mematuhi tata tertib yang telah dibuat.

Apa manfaat dari tata tertib?

Manfaat tata tertib bagi siswa dan sekolah: - melatih siswa bersikap jujur, disiplin dan bertanggung jawab. -mengingatkan tugas sebagai pelajar. - menjaga kenyaman lingkungan sekolah.

Kenapa harus ada tata tertib?

Aturan tata tertib dibuat untuk menciptakan suasana yang kondusif mendukung tujuan pendidikan, sehingga kegairahan siswa belajar dan guru mengajar dapat terjadi, sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai.

Apa manfaat kita taat terhadap tata tertib sekolah?

Manfaat mematuhi aturan disekolah: a. Hidup menjadi disiplin.b. Terhindar dari hukuman.c. Terwujudnya lingkungan yang aman, damai, serta sejahtera.d. Hidup menjadi teratur.d. Mempunyai sikap tanggung jawab.e. Di senangi oleh guru.

Apa saja macam macam tata tertib?

Beberapa macam contoh tata tertib tersebut adalah:

  • Tata Tertib di Lingkungan Masyarakat.
  • 2. Tata Tertib di Rumah. ...
  • 3. Tata Tertib di Lingkungan Sekolah. ...
  • 4. Tata Tertib di Kelas. ...
  • Tata Tertib di Laboratorium. ...
  • 6. Tata Tertib Lalu Lintas. ...
  • 7. Tata Tertib Perusahaan.

Apa saja akibat melanggar tata tertib di sekolah?

Menurut Irwansa ( 2016:7) menyatakan bahwa dampak dari pelanggaran tata tertib sekolah, siswa akan mendapatkan sanksi yaitu teguran terhadap siswa, pemanggilan orang tua siswa oleh guru BK, skorsing dari sekolah, siswa akan dikeluarkan dari sekolah.

Siapa yang membuat aturan dan tata tertib di sekolah?

Tata tertib sekolah merupakan semua peraturan dan ketentuan yang telah dibuat oleh pihak sekolah.

Mengapa banyak siswa yang melanggar tata tertib sekolah?

2) Faktor penyebab pelanggaran tata tertib di sekolah adalah dari faktor internal yang berasal dari diri siswa ialah rasa malas yang timbul dari dalam diri sendiri. Dari faktor lingkungan sekolah sering ikut-ikutan, mengikuti trend (celana yang botol dan baju yang ketat) dan faktor kendaraan.

Sebutkan faktor apa saja yang mempengaruhi tata tertib di sekolah?

Berdasarkan pendapat para ahli maka dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor yang mempengaruhi pelanggaran siswa terhadap tata tertib sekolah adalah faktor kondisi fisik/kesehatan, emosional, mental, kecerdasan, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, lingkungan sekolah, ekonomi, dan pergaulan.

Apa yang akan terjadi jika kita melanggar tata tertib?

Akibat jika kita melanggar tata tertib adalah mendapat hukuman/sanksi dari ringan hingga berat sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan. Melanggar tata tertib merupakan tindakan tidak terpuji.

Bagaimana supaya tidak terjadi pelanggaran tata tertib di sekolah?

Berikut contoh penegakan HAM di lingkungan sekolah adalah:

  1. Tidak mendiskriminasi murid.
  2. Tidak mendiskriminasi sesama teman.
  3. Menaati tata tertib yang berlaku di sekolah.
  4. Tidak menjauhi ataupun menghina teman yang disabilitas.
  5. Tetap menghomati dan tidak menghina guru yang disabilitas.

Mengapa siswa melanggar aturan dan disiplin?

Adanya pelanggaran terhadap aturan dan disiplin yang dilakukan oleh para remaja bisa terjadi karena: Adanya konsep bahwa melanggar peraturan merupakan hal yang keren. Lingkungan rumah atau keluarga yang tidak harmonis dan kondusif. Adanya pengaruh dari pergaulan dan lingkungan sosial yang tidak baik.

Bagaimana kedisiplinan siswa di sekolah?

Seperti selalu tepat waktu, selalu mentaati peraturan, selalu mengerjakan tugas dengan baik, mengumpulkan tugas tepat waktu dan sebagainya. Saat berada di sekolah siswa harus selalu disiplin. Ini dikarenakan disiplin yang berlaku di sekolah disertai dengan hukuman atau sanksi apabila ada yang melanggarnya.

Bagaimana mendisiplinkan murid?

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menanamkan kedisiplinan pada siswa:

  1. Memberi contoh/ teladan. Foto oleh Katerina Holmes dari Pexels.
  2. Membuat peraturan/ tata tertib. ...
  3. Konsisten. ...
  4. 4. Tegas. ...
  5. Bekerjasama dengan orang tua.

Post a Comment for "Pengertian Tata Tertib Sekolah"